Posted in Kuliah, Penerapan Komputer

Liputan Seminar Generasi Muda Indonesia

1907604_746854695355021_7338912174808131238_n

‘Future Talks to be Better Future’, itulah yang penulis pikirkan selama berada dalam talkshow yang diadakan oleh GenMudaID dan Himasiera tersebut. Penulis berharap setelah mengikuti talkshow tersebut bisa mendapat pencerahan mengenai masa depan atau lebih tepatnya dunia pasca kampus. Penasaran materinya seperti apa? Baiklah! Silahkan membaca! 😀

5567843_20140407055219

20140503_133904

Sabtu, 3 Mei 2014 atau bertepatan dengan ulang tahun yang ke 18 adik penulis adalah waktu talkshow berlangsung. Bertempat di Audit Abdul Muis Nasution, FATETA, IPB, talkshow ini bernarasumberkan Bapak Dhony Rahajoe selaku Director Sinar Mas dan Bapak Anggoro Eko Cahyo dari General Manager Human Capital Division BRI.

Sebelum memasuki materi, sambutan diawali oleh ketua pelaksana yakni Alvian Rizki, lalu oleh ibu Ratri selaku dosen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat serta oleh Bapak Afgan Ardantya Syahreza selaku pendiri Generasi Muda ID.

 

Materi Pertama

20140503_144124

Yang berkesempatan menyampaikan materi pertama ialah Bapak Anggoro. Menurut beliau, ada 4 kemungkinan yang diambil setelah lulus yakni: (1) melanjutkan studi; (2) menjadi volunteer, seperti Indonesia Mengajar; (3) menjadi seorang enterpreneur; (4) atau masuk kedalam suatu perusahaan. Poin terakhir menjadi kajian bapak Anggoro, dimana persaingan akan semakin ketat dalam jangka waktu beberapa tahun kedepan. Persaingan yang dihadapi kedepan tidak hanya persaingan antar mahasiswa satu kampus, melainkan sekian kampus yang berada di Asia Tenggara. Karena faktanya dalam bekerja saat ini ada 4 poin yang harus diperhatikan, yakni:

  1. Kemajuan teknologi: Individu harus berusaha untuk menyesuaikan diri dengan perkembangannya.
  2. Bekerja cepat: Tuntutan untuk melakukan segalanya dengan cepat mengharuskan kita bekerjasama dengan baik, padahal setiap generasi memiliki pendekatan yang berbeda dalam menyelesaikan masalah-masalahnya.
  3. Kolaborasi tim: Dengan saling memahami dan menghargai satu sama lain, maka kolaborasi tim yang baik akan tercipta.
  4. Inovasi: Diperoleh dari kombinasi yang baik antara kreativitas unik dari setiap generasi agar perusahaan tetap kompetitif.

Beliau menuturkan bahwa terdapat 5 skill yang harus kita miliki untuk menjalani proses recruitment.

  1. Komunikasi: komunikasi tidak hanya sebatas berbicara didepan publik, melainkan dalam mendengar dan komunikasi non-verbal lainnya. Misalkan ketika ditanya sesuatu kemanakah mata melihat atau ketika ditanya ‘A’ malah menjawab ‘B’, itu merupakan masalah untuk generasi diatas 80-an saat ini terkait akrabnya mereka dengan gadget.
  2. Confidence: persiapan yang baik ialah senjata ampuh dalam masalah percaya diri. Seperti meng-KEPO website perusahaan yang kita tuju dan lain-lain.
  3. Persistence: gigih dalam menjelaskan tugas-tugas yang diberikan. Poin ini ditekankan oleh pak Anggoro karena saat ini pegawai mencari yang instan, baru 1.5 tahun sudah pindah karena ada gaji yang lebih tinggi dan lainnya. Padahal dalam sebuah materi di Pengantar Managemen, pengalaman kerja 10 tahun di satu perusahaan dengan yang berpindah-pindah itu berbeda.
  4. Teamworkmenunjukkan keterampilan sosial sebagai team player.
  5. Business Acumenkenali proses bisnis perusahaan, dan kompetitornya di market.

Materi Kedua

20140503_151929

Bapak Dhony Rahajoe melanjutkan mengisi materi. Beliau mengatakan bahwa sebuah penelitian di Harvard University menyatakan dalam prakteknya seorang professional akan menggunakan 20% aspek hard skills dan 80% aspek soft skills dalam eksplorasi kompetensinya dipekerjaannya. Kenyataan bidang usaha dan persaingan profesi telah membuktikan, bahwa mereka yang mampu memanfaatkan Soft Skillsnya, bisa jauh lebih sukses dalam karier dan pergaulan sosialnya. Kita perlu mempunyai ketrampilan sebagai lulusan sarjana mengingat pendiri Sinar Mas, Bapak Eka Tjipta Widjaja hanya seorang lulusan SD. Dengan perusahaan yang besar dan hanya sebatas lulusan SD, seharusnya kita bisa lebih dari beliau. Ada yang menarik dari pembicaraan beliau terkait mana yang akan dipilih antara bos dan ibu. Ka Hafid selaku MC dan ka Turasih selaku moderator menjawab masing-masing ibu dan bos. Sedangkan jawabannya adalah memilih yang benar! 😀 Karena dalam melakukan suatu pilihan, kita harus memilih yang benar agar mendapatkan hasil yang memuaskan pula. 😉

5567843_20140408071039

Advertisements

Author:

Blood Type: B | Moody | Maret 1994 | Madridista | Andro User

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s