Posted in Kuliah, Makalah

Dasar-Dasar Agronomi

Contoh-Kata-Penutup-Makalah-Baik-dan-BenarPagi pembaca! Kali ini penulis akan membagi makalah yang pernah penulis buat untuk matakuliah minor. Silahkan disimak! 😀

5567843_20140407055219

LAPORAN PRAKTIKUM DASAR-DASAR AGRONOMI

 

IDENTIFIKASI DAN PENGELOLAAN TANAMAN

SAYURAN DAN BUAH

OLEH:

Mochammad Yunus Gerry Fitriadi

I34120157

images

DEPARTEMEN AGRONOMI DAN HORTIKULTURA

FAKULTAS PERTANIAN

INSTITUT PERTANIAN BOGOR

BOGOR 2013

BAB I

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

ADC[1] ini didirikan pada tahun 2006 dan secara operasional mulai berjalan sejak 2007. Taiwan Technical Mission sendiri merupakan sebuah organisasi non-pemerintahan dari Taiwan yang fokus terhadap isu-isu sosial, ekonomi, politik, farmasi, pertanian, dan lain-lain. Pendanaan dari ADC sendiri diperoleh dari ICDF (International Corporation Development Fund). Sebenarnya program ADC ini sudah ada sejak tahun 1976 yang berlokasi di Mojokerto. Setelah itu sempat berpindah-pindah lokasi ke Sleman, Boyolali, dan akhirnya sekarang memiliki lokasi permanen di Bogor dan di Bali. ADC yang berlokasi di Bogor lebih difokuskan pada produk sayuran dan buah-buahan organik, sementara di Bali lebih difokuskan kepada program One Village One Product (OVOP). Kebun ADC yang berlokasi di Desa Cikarawang[2], dikoordinasikan dengan University Farm IPB yang dalam pelaksanaannya membudidayakan tanaman Taiwan di Indonesia. Dana yang digunakan ICDF merupakan dana dari pajak masyarakat Taiwan itu sendiri. Salah satu tujuan dari ICDF ingin memotong rantai distribusi para petani serta menungkatkan kualitas segment market sehingga menjadi high class. ICDF tidak hanya bergerak pada produksi hulu (budidaya tanaman) saja tetapi juga produksi hilir (proses packaging dan distribusi).

1.2  Tujuan

Pelaksanaan kunjungan mahasiswa ke ICDF yang berada di Cikarawang bertujuan agar setiap mahasiswa bisa mempelajari dan memahami mengenai pengelolaan tanaman buah dan holtikultura dari tahap budidaya hingga pengemasan tanaman. Juga mahasiswa bisa memperoleh informasi tentang ICDF mulai dari kerjasama, program kerja dan kegiatan yang dilakukan ICDF.

BAB II

HASIL DAN PEMBAHASAN

Pada lahan yang terdapat di ICDF mengembangkan 3 klasifikasi komoditi, yaitu Tanaman Sayuran Organik yang dibudidayakan dalam net house, Tanaman Non Organik dan Jambu Kristal. Tanaman Sayuran Organik berjumlah 7 komoditas, Tanaman Non Organik berjumlah 8 komoditas. Tanaman Sayuran Organik yang dibudidayakan adalah Pakcoi, Kailan, Caisim, Bayam Hijau, Bayam Merah, Kangkung, Selada Keriting, dll. Pembibitan yang digunakan ada dua cara, yaitu penanaman langsung pada lapang (directidik) dan pemindahan tanaman dari tray semai ke lapang (Transplating).

            Jambu kristal adalah varian lain dari Psidium guajava. Selama ini,  jambu kristal dikultivasi di Taiwan dan Thailand namun sekarang sudah menyebar di Indonesia terutama daerah Lampung dan Jawa Barat. Terdapat 2 genotip Jambu yang berada di kawasan ICDF, yaitu Taiwan 1 (Kristal) yang berbiji sedikit dan Taiwan 2 (Mutiara) yang berbiji banyak dan rasanya manis. Cara pembibitan Jambu Kristal sama dengan pembibitan Tomat, yaitu dengan sambung pucuk. Batang atas Jambu Kristal sambung pucuk dengan batang bawah Jambu Lokal. Pembibitan tersebut dipilih karena sistem perakaran Jambu Lokal lebih kuat dan tahan terhadap penyakit. Waktu pembibitan Jmbu Kristal bervariasi, waktu yang diperlukan untuk semai dan sambung pucuk adalah 8 bulan, dan waktu yang dibutuhkan untuk penanaman dilapang hingga panen adalah selama 4-6 bulan. Pohon Jambu Kristal dilapang rutin dilakukan bending, pemangkasan, pemupukan serta perawatan. Bending yang dilakukan menggunakan tambang untuk menarik tumbuhnya pohon agar tumbuh agak tumbuh ke bawah. Sedangkan perawatan pohon dilakukan dengan cara menyisakan 1 buah/cabang, buah pada cabang diseleksi yang terbaik lalu daun pucuk dicabut agar aliran fotosintst berjalan ke buah sehingga buah cepat berkembang. Buah ditutup menggunakan pelastik gunanya melindungi buah dari serangga dan hama. Sterofoam berfungsi sebagai penengah antara buah dan plastik agar kulit buah tidak langsung terkena panas dari plastik.

            Pada Net House tempat pembudidayaan tanaman organik, penyemprotannya tidak menggunakan pestisida alami melaikan menggunakan asap cair dari hasil pembakaran arang sekam yang asapnya dicairkan. Selain itu menggunakan minyak untuk mencegah hama. Hama yang biasanya menyerang Tanaman Sayuran Organik adalah Ulat Flutella (Ular Kubis). Didalam Net House terdapat berbagai tanaman organik yang di budidaya salah satunya Asparagus. Selain itu di samping Net House terdapat tanaman pelindung agar ketika ada penyemprotan pestisida dalam ruang lingkup ICDF masih bisa di ‘hadang’ oleh tanaman pelindung ini. Meskipun tanaman pelindung di ICDF masih belum terlalu efektif mengingat masih banyak lubang yang ditinggalkan.

Proses pengemasan (packaging) disimpan dalam pendingin atau biasa disebut Cold Storange. Hasil penyimpanan dapat bertahan maksimal 3hari dan non daun bekisar 1 minggu. Terdapat SOP (Standar Oprasional Perusahaan) yang harus dilaksanakan oleh para pegawai yaitu mencuci tangan, lalu mengambil sayuran dari Cold Storange, lalu menyeleksi atau membuang daun yang rusak, setelah itu memasukkannya ke dalam kantong serta langsung mempress lalu mencatat kualitas.

DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2013. Cikarawang, Dramaga, Bogor. [Online]. Tersedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Cikarawang,_Dramaga,_Bogor (15 Desember 2013)

Harjadi, S. S. 1979. Pengantar Agronomi. Jakarta: PT Gramedia.

Narundana, V.T. 2011. Studi Kelayakan Bisnis Tanaman Buah Jambu Kristal Pada Kelompok Tani Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. [Skripsi]. Bogor: Departemen Manajemen, FEM, IPB.

5567843_20140408071039

Advertisements

Author:

Blood Type: B | Moody | Maret 1994 | Madridista | Andro User

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s