Posted in Kuliah, Penerapan Komputer

Perangkat Lunak Aplikasi Pengolah Kata (Microsoft Word)

Word-2010-logo-icon

Menjelang UTS, intensitas pemberian tugas tidak lagi sebanyak minggu-minggu kemarin. Hanya saja untuk matakuliah yang satu ini sepertinya merupakan salah satu pengecualian. :Peace:

Oke, pada praktikum keempat kemarin kita mempelajari segala hal yang ada dalam Microsoft Word. Seperti Mail Merge, Page Break, membuat daftar isi otomatis, serta membuat formula. Dan pada kesempatan kali ini penulisakan membaginya dengan para pembaca. So, selamat membaca. 😀

5567843_20140407055219

Mail Merge

Repot membuat surat satu persatu? Suka lupa menaruh beberapa alamat teman, kerabat? Tenang! Kali ini pembaca tidak perlu risau karena ada satu cara agar data-data tersebut tidak hilang. Disimpan di Microsoft Excel? Kalo bikin surat tetap manual dong, sama aja bohong dong ya? Tenang aja! Karena kali ini sudah ada fitur Mail Merge yang nanti tinggal memerlukan sedikit langkah saja dan yang pasti tidak manual. Gak percaya? Check this out!

1. Masuk kedalam Microsoft Word –>pilih tab Mailings –> Start Mail Merge –> Step-by-Step Mail Merge Wizard.

2. Pilih Letter lalu klik Next.

3.  Pilih Use the current document lalu klik Next.

4. Pilih Type a new list lalu pilih create…

5. Akan muncul jendela New Adress List, pilih tab Costumize Columns

6. Lalu muncul jendela dari Costumize Columns… dan silahkan kurangi atau tambah beberapa konten sesuai kebutuhan. Lalu klik OK.

7. Kembali ke jendela New Adress List, pilih New Entry untuk memasukan nama-nama, alamat atau perihal lain yang kontennya sudah di tentukan sebelumnya (seperti nama, alamat dan lainnya) lalu klik OK.

8. Setelah kembali ke jendela Mail Merge Recipients ada beberapa pilihan mengenai sort, filter bahkan mengedit konten yang kita buat. Jika sudah tidak ada yan perlu diubah lagi silahkan pembaca klik OK dan save data tersebut.

9. Perhatikan bagian awal kita memulai Mail Merge, silahkan klik Next lalu pilih More items…

10. Sesuaikan dengan yang pembaca tulis di halaman tersebut, dan selamat menikmati.

Page Break

Pernah mengalami membuat makalah dengan 2 file karena sulit mengatur nomor halaman? Tidak perlu repot lagi bro, pakai page break aja!

1. Pilih tab Page Layout.

2. Lalu pilih Breaks.

3, Dan terakhir pilih Next Page.

Taraa! Muncul halaman baru yang tidak akan mengganggu dalam penomoran halaman pada halaman sebelumnya. Sekarang tidak perlu membuat 2 file word lagi kan? 😀

Daftar Isi

Sudah capek-capek bikin makalah, skripsi, laporan, eh ternyata daftar isinya berantakan karena banyak revisi. Jangan panik! Sekarang ada cara yang cukup mudah tanpa harus mengecek ulang secara detil untuk memastikan daftar isinya sudah benar.

1. Blok konten yang akan masuk ke daftar isi, dan yang pertama kali kita kerjakan adalah bab terlebih dahulu (misalkan halaman 1 ialah pendahuluan, maka kata pendahuluan tersebut di blok. Begitu juga halaman 2 misalkan pembahasan, dan halaman 3 misalkan kesimpulan).

2. Lalu pada pilihan Heading, pilih lainnya, lalu Create a Style. Beri nama dan atur sesuka pembaca lalu klik OK (berlaku juga untuk membuat heading pada sub-bab, dan harus dibedakan).

3. Pilih tab References –> Table of Contents –> Automatic Table 1.

Taraa! Daftar isi sudah selesai. Meski baru yang bab saja, tetapi langkah untuk sub-bab tidak jauh berbeda dan bisa dikerjakan bersamaan saat membuat bab. 😉

Formula

Nah, mungkin kalau kalian seorang yang berkutat dengan sains maka ini merupakan salah satu hal wajib yang harus kalian kuasai. Ini berkaitan dengan membuat rumus di word. Caranya bagaimana? Sangat mudah!

1. Pilih tab Insert –> Equation –> Insert New Equation

2.  Akan muncul semacam kolom untuk kita memasukan rumus yang ingin kita masukan. Dan terdapat beberapa pengaturan, misalkan pangkat dan lain-lain.

tes20

Mudah bukan? Hanya beberapa langkah saja kalian bisa membuat rumus-rumus baik untuk belajar, di komersilkan atau buat contekan *eh. :p

Auto Text

Suka lupa format tugas, header dan lainnya? Pembaca harus mulai menggunakan fitur ini.

1. Blok semua isi file dengan format yang sudah ditetapkan.

2. Pilih tab Insert –> Quick Parts –> Save Selection to Quick Part Gallery

3. Isi beberapa konten dalam jendela Create New Building Block, seperti nama dan lainnya.

Taraa! Sekarang pembaca tidak perlu takut lagi akan kelupaan membuat format penulisan. 😀

FINISH

Itu saja post kali ini, mudah-mudahan bermanfaat. Sisa gambarnya nyusul saja yaa (._.)v

**

Advertisements

Author:

Blood Type: B | Moody | Maret 1994 | Madridista | Andro User

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s