Posted in Kuliah, Penerapan Komputer

Praktikum Penerapan Komputer

Wordpress-logo

Intermezzo

Sebelum lebih jauh berbicara mengenai apa saja yang dilakukan dalam Lab. Komputer tanggal 15 kemarin, kita berbicara sedikit dulu mengenai apa itu komputer. Komputer ialah alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang diinstruksikan, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dsb), biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengkontrolan. Penggunaan komputer ini sudah sangat beragam dari fungsi awalnya diciptakan untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali pada tahun 1941, oleh Konrad Zuse, seorang insinyur dari Jerman. 5567843_20140407055219

Berikut ini rakitan impian saya pertanggal 20 Februari 2014:

AMD Kaveri A10-7850K (Radeon R7 Series) FM2+

MSI A88X-G43 AMD Socket FM2+

Team Xtreem Vulcan DDR3 16GB Quad Channel PC17000(4Gbx4) TLD316G2133HC11AQC01-CL11-11-11-31

GSKILL Phoenix III – FM-25S3-120GBP3 SSD 2.5″ 120GB SATA III MLC SSD

Toshiba Sata III 2 TB 7200rpm 3.5″

Seasonic G-450 450W 80+ Gold

NZXT Phantom 410 White

Sebenernya ini apaan sih?

Mungkin pembaca akan bertanya-tanya sebenernya yang mau dibahas di post ini apaan sih, ko kayaknya random banget. Jujur aja penulis emang ga jelas jadi tolong banget dimaklumi -___- Tapi lepas dari itu semua ada sedikit cerita yang akan disampaikan di post kedua ini perihal apa saja yang teman-teman KPM lakukan di Lab. Komputer.

Buat akun (lagi)

Ini tidak berlaku buat yang bisa langsung sign in di akun WordPress dan hanya beberapa saja yang lupa dan mungkin bisa juga belum membuat akun di WordPress ini. Langkah-langkah sign in juga sederhana, cukup memasukkan apa yang diminta kedalam kolom dan melakukan verifikasi melalui e-mail yang di daftarkan.

Di blog itu ngapain aja sih?

Sebenarnya ga jauh beda sama yang blogger lakukan, yaitu memposting beberapa tulisan yang menarik, edukatif serta orisinil tentunya. Hanya saja apa yang akan kami posting disini untuk kurang lebih satu semester kedepan lebih kepada pengerjaan tugas. Yapp, jadi apa yang diposting disini ialah tugas-tugas yang diberikan dosen penerapan komputer maupun asisten praktikum. Pada pertemuan pertama kemarin, kami diajari bagaimana mempertampan mempercantik penampilan blog. Seperti menerapkan atau menggunakan tema yang ada, penggunaan atau memasukan widget bagaimana, memberikan kategori dan lain-lain.

Cara menggunakan tema yang ada pun gampang, hanya tinggal memilih tab Appearance lalu pilih themes.Themes

Nanti akan muncul beberapa tema yang bisa teman-teman pilih, dan beberapa tema ada yang gratis juga ada pula yang berbayar juga mahal. Penerapan tema tinggal disesuaikan saja dengan selera dan kebutuhan teman-teman.Screenshot 2014-02-20 20.31.43

Lalu?

Apakah cuma pasang tema? Posting sesuatu juga laah! Tapi jangan lupa mengkategorikan beberapa post kita agar lebih rapih. Caranya? Setelah mengisi kolom postingan silahkan pembaca lihat dikanan bawah layar komputer/leptop. Disana ada kolom Categories dan beberapa konten didalamnya.

Screenshot 2014-02-22 11.27.01

Lalu pilih Add New CategoryScreenshot 2014-02-22 11.31.37

Tuliskan saja nama parents di kolom yang tersedia (1) dan klik Add New Category (2) yang ada dibawahnya.tes2


“Eh tapi ko ga muncul ya kategori-kategorinya di home Blog gue?” Nah temen-temen hanya belum melakukan langkah selanjutnya, yakni membuat “menu” yang tampak pada laman blog.

tes3

Pertama-tama, pilih tab Appearance (1) dan klik opsi Menus (2).

tes4

Lalu bikin dulu menunya (1) dengan membuat judul menunya (2) dan kontennya apa saja.

tes5

tes6

Setelah menu selesai, kita tampilkan menunya di laman blog kita. Yaitu ke tab Manage Location (1) dan set Menu Primary-nya ke “menu” (2) yang telah kita buat sebelumnya.

tes7

Dan voila! Menu pun muncul di laman blog kalian 😀Screenshot 2014-02-22 11.45.10

**

Advertisements

Author:

Blood Type: B | Moody | Maret 1994 | Madridista | Andro User

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s